Ingin Membuat SIM A atau SIM C Baru? Begini Tata Caranya

Selasa, 12 September 2017

Syarat utama dalam mengendarai kendaraan bermotor adalah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika Anda ingin mengendarai kendaraan roda 4, Anda wajib memiliki SIM A. Sedangkan jika Anda ingin mengendarai kendaraan bermotor roda 2, Anda harus memiliki SIM C. Lalu, bagaimana tata cara untuk mendapatkan SIM?

Di Jakarta, untuk mengurus SIM Anda dapat mengunjungi jalur umum Satpas, Daan Mogot, Jakarta Barat. Seluruh pemohon baik SIM A, B, atau C, wajib membawa foto kopi KTP sebanyak 4 lembar. Jika Anda tidak memiliki KTP asli, Anda bisa membawa Kartu Keluarga asli dan fotokopi 4 lembar.

Setelah itu, Anda akan mengikuti tes kesehatan dan diwajibkan membayar Rp 25.000,-. Selesai membayar, pemohon akan diarahkan menuju ruangan pengecekan kesehatan, yang dicek adalah tekanan darah dan mata. Kemudian Anda akan diminta membayar asuransi sebesar Rp 30.000,-.

Setelah prosedur cek kesehatan selesai, Anda akan diarahkan menuju gedung utama untuk mengisi formulir dan membayar di loket Bank. Biaya pembuatan SIM A sebesar Rp 120.000,- sedangkan untuk SIM C sebesar Rp 100.000,-. Tahap selanjutnya adalah verifikasi data sebelum masuk ruang foto.

Jika proses foto sudah selesai, pemohon akan diarahkan untuk melaksanakan ujian teori. Masing-masing jenis permohonan akan disediakan soal yang berbeda. Pemohon SIM A akan diberikan soal ujian yang berkaitan dengan lalu lintas kendaraan roda 4. Total pertanyaan ada sekitar 30 dan hanya diberikan waktu 30 detik untuk tiap soalnya. Jika lulus uji teori, maka pemohon bisa melanjutkan ke tahap uji praktik.

Dalam uji praktek, terdapat kurang lebih enam tantangan yang harus dilakukan seperti parkir parallel, jalan zig-zag maju, mundur, tanjakan, hingga turunan. Namun biasanya petugas hanya meminta untuk melakukan 2 tantangan saja. Jika pemohon menabrak kun pembatas, maka pemohon dinyatakan gagal dan harus mengulang lagi dalam jangka waktu 8 hari ke depan.

Jika lulus, pemohon langsung diarahkan menuju loket 11 untuk mengambil berkas dan mengambil SIM di loket 30. Proses pengambilan SIM bisa dikatakan cukup cepat karena hanya tinggal menunggu SIM yang sudah selesai dan tidak perlu membayar apapun.

Secara keseluruhan, proses pembuatan SIM memakan 1 hari namun tidak terlalu lama seperti apa yang dibayangkan. Kini pembuatan SIM tergolong mudah dan cepat. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat SIM. Pastikan Anda selalu berkendara dengan membawa SIM.

Image: image source: polri.go.id