Apakah Sepeda Anda Sudah Sesuai SNI?

Senin, 11 September 2017

SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia.  SNI merupakan suatu dokumen yang berisikan ketentuan teknis, pedoman dan karakteristik kegiatan dan produk yang berlaku secara nasional untuk membentuk keteraturan yang optimum dalam konteks keperluan tertentu. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Ketika mendengar kata SNI secara otomatis mengingatkan Anda tentang helm, bukan? Padahal, tak hanya helm yang harus memenuhi persyaratan SNI, sepeda pun juga harus memiliki SNI.

Kepala BSN Bambang Prasetyo mengungkapkan bahwa SNI sepeda roda dua telah dilakukan secara wajib oleh pemerintah dan sedang dalam tahap edukasi kepada konsumen agar tak salah dalam membeli sepeda yang sesuai SNI.

Sepeda berlabel SNI dianggap penting karena tidak hanya menjamin kualitas produk yang baik, melainkan juga untuk memberi kenyamanan dan melindungi penggunanya. SNI 1049-2008 sendiri mulai diberlakukan mulai tahun 2008 oleh pemerintah secara wajib. SNI ini mengacu pada SNI 09-1049-1989, yang sebelumnya masih belum berlaku secara wajib.

SNI sepeda menetapkan batasan-batasan persyaratan keselamatan untuk desain, perakitan/assembling dan cara uji sepeda utuh atau bagian dari sepeda utuh, serta persyaratan buku petunjuk yang perlu ada untuk sepeda itu. Standar ini berlaku untuk sepeda roda dua yang memenuhi salah satu syarat mempunyai ketinggian sadel yang pada posisi tertinggi 635 mm atau lebih, atau untuk dipergunakan di jalan raya.

Dalam SNI ini diatur syarat-syarat keselamatan seperti bebas tonjolan tajam sepeda (kecuali untuk bagian-bagian tertentu seperti gir depan dan gir belakang); uji rangka dan garpu depan; sistem kemudi; rem; roda; ban dalam dan ban luar; pedal; sadel; grip; boncengan; lampu dan reflektor. Selain itu, produk sepeda juga harus dilengkapi buku petunjuk serta identifikasi sepeda dan rangka.

Selain menjamin keselamatan konsumen, penerapan SNI pada sepeda juga berguna untuk meningkatkan daya saing industri nasional. Sepeda dengan penerapan SNI juga akan mendapatkan garansi rangka 5 tahun yang diberikan resmi oleh produsen demi menjamin ketahanan rangka sepeda.

Sumber: poskotanews.com
Image: master-logo.blogspot.com