banner

Lampu Sepeda, Aksesoris Wajib Pendukung Keselamatan

Sebagai pengendara sepeda, Anda pasti paham tentang pentingnya aksesoris bersepeda. Tidak lengkap rasanya bila bersepeda tanpa menggunakan atau memasang aksesoris. Terlebih lagi, selain berfungsi untuk mempercantik penampilan dan kenyamanan, aksesoris sepeda juga berguna sebagai alat pendukung keselamatan ketika bersepeda.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan SNI 104:2008 Sepeda- Syarat keselamatan setelah melalui rapat konsensus Panitia Tehnis (Komite Tehnis) 43-01 Rekayasa Kendaraan Jalan Raya pada 5 November 2006.

Dalam SNI diatur syarat-syarat keselamatan seperti bebas tonjolan tajam sepeda (kecuali untuk bagian-bagian tertentu seperti gir depan dan gir belakang); uji rangka dan garpu depan; sistem kemudi; rem; roda; ban dalam dan ban luar; pedal; sadel; grip; boncengan; lampu dan reflektor. Selain itu, produk sepeda juga harus dilengkapi buku petunjuk serta identifikasi sepeda dan rangka.

Secara jelas telah ditetapkan oleh BSN bahwa salah satu SNI sepeda adalah memiliki lampu atau reflector. Lampu pada sepeda sebaiknya dipsang pada bagian depan dan belakang, terutama bagi Anda yang aktif bersepeda saat malam atau subuh.

Lampu sepeda biasanya menggunakan dinamo untuk menghidupkannya. Lampu ini biasanya terletak pada bagian depan, sejajar dengan ban depan. Ada juga yang diletakkan di dekat rantai sepeda. Tetapi, tidak hanya menggunakan dinamo, sekarang juga tersedia lampu sepeda minim daya seperti lampu sepeda tenaga kayuh.

Dianjurkan untuk  memasang lampu depan sepeda dan dua buah lampu merah di belakang. Salah satunya adalah lampu blinker yang berguna untuk memberi perhatian kepada pengguna jalan yang ada dibelakang Anda dan satu lagi berguna untuk memberi panduan jarak sehingga kendaraan dibelakang Anda dapat mengetahui posisi sepeda Anda. Anda juga bisa memasang lampu pada area seatpost. Lampu yang dipasang tidak perlu terlalu terang, melainkan dapat terlihat oleh pengendara lain.

Setelah lampu, Anda juga dapat memasang reflector pada bagian-bagian teretntu pada sepeda. Memasang reflector pada roda juga dapat ditiru karena fungsinya yang penting yaitu sebagai penanda dari arah samping.

image: wired.com