banner

Tips Pilih Jas Hujan yang Aman untuk Bersepeda

Bersepeda ketika hujan memang membahayakan, sebaiknya Anda menepi daripada harus memaksakan diri dan mengakibatkan bahaya. Jika keadaan terdesak, Anda bisa tetap bersepeda menggunakan jas hujan. Tetapi sebelumnya, Anda harus mengetahui jas hujan seperti apa yang aman digunakan untuk bersepeda.

Sebenarnya, tersedia jas hujan khusus pesepeda yang berbentuk seperti jaket anti air. Jas hujan ini sangat efektif digunakan saat bersepeda karena desainnya yang pas dengan tubuh sehingga tidak menyulitkan Anda untuk mengayuh sepeda di tengah hujan. Akan tetapi, jika Anda terjebak ditengah hujan tanpa membawa jas hujan khusus tersebut, Anda bisa memilih jas hujan lain dengan mengikuti tips ini.

Pilih model jas hujan yang mudah digunakan dan tidak menyulitkan ketika mengayuh pedal sepeda. Jangan sekali-kali pilih model ponco tentara atau jas hujan model lainnya yang terlalu tebal dan panjang sehingga tidak nyaman ketika digunakan. Lebih baik pilih jas hujan plastik sekali pakai yang dapat ditemukan dengan mudah.

Jika Anda menggunakan jas hujan yang terdiri dari 2 bagian yaitu atasan dan bawahan, perhatikan bagian celana agar tidak membahayakan dari kemungkinan akan terkena crank. Jadi, usahakan gulung atau pilih model dengan karet dibagian bawah celana.

Untuk pemilihan warna, gunakan jas hujan dengan warna cerah agar terlihat oleh pengendara lain selama di jalan. Selain itu, jas hujan transparan juga bisa menjadi pilihan ketika Anda sudah mengenakan kaos berwarna terang.

Anda juga dianjurkan untuk menggunakan reflector pada jas hujan seperti jenis pita agar terlihat oleh pengendara lain, terlebih lagi hujan membuat pandangan terbatas.

Itulah beberapa tips memilih jas hujan bagi pesepeda. Sebelum melanjutkan perjalanan, perhatikan situasi dan kondisi,  lebih baik menepi dan jangan memaksakan diri bila hujan terlalu deras. Tetap utamakan keselamatan anda selama bersepeda.

Foto: discerningcyclist.com