Benda Inilah Pemicu Kebakaran Mobil!

Selasa, 12 September 2017

Akhir-akhir ini marak terjadi musibah ledakan atau terbakarnya kendaraan roda empat akibat pemilik yang meninggalkan benda-benda tertentu didalamnya. Benda-benda yang ditinggalkan di dalam mobil tersebut memang memiliki tujuan tersendiri yaitu untuk memudahkan pemilik kendaraan ketika berpergian. Namun, justru benda tersebut menjadi pemicu sebuah ledakan atau terbakarnya mobil Anda.

Powerbank merupakan salah satu benda pemicu kebakaran jika Anda meninggalkannya di dalam mobil. Powerbank pada masa kini menjadi kebutuhan yang sangat penting terutama saat berpergian demi menjaga daya baterai telepon genggam Anda. Padahal, bahayanya sangatlah mengerikan jika Anda menyimpannya di dalam mobil. Aksesori powerbank memiliki kemungkinan yang lebih tinggi sebagai penyebab kebakaran dibandingkan dengan aksesori mobil lainnya seperti charger USB.

Powerbank yang ditinggal di atas dashboard kendaraan dapat menjadi penyebab kebakaran, terlebih jika kendaraan diparkir di area terbuka. Pasalnya, suhu yang meningkat membuat komponen powerbank dapat meledak. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya penelitian pada beberapa aksesori powerbank murah dimana pada suhu tertentu powerbank bisa meledak.

Selain itu, terdapat beberapa benda lainnya juga yang tidak diperbolehkan untuk ditinggal di dalam kendaraan karena akan memicu kebakaran dan ledakan. Di antaranya korek api, barang elektronik dengan baterai terpasang seperti laptop, tablet, telepon genggam serta kamera digital.

Segala jenis produk yang menggunakan kaleng bertekanan tinggi atau aerosol can seperti hair spray dan cat kaleng juga perlu perhatian khusus sehingga Anda tidak diperbolehkan meninggalkannya di dalam mobil untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat suhu tinggi di dalam kabin.

Hindari meninggalkan barang elektronik dalam mobil apalagi jika di parkir di ruang terbuka. Suhu mobil yang meningkat dapat memicu peningkatan suhu komponen dari barang elektronik tersebut. Bawalah barang elektronik Anda ketika parkir mobil di ruang terbuka. Waspada dan lebih peka terhadap kendaraan Anda demi menjaga keselamatan diri sendiri dan sekitar.

Image: commons.wikimedia.org