Beredar Pelumas Palsu, Jangan Sampai Salah Beli!

Selasa, 12 September 2017

Beredarnya produk pelumas palsu oleh segelintir oknum di latar belakangi oleh tingginya permintaan konsumen terhadap produk tersebut. Tak jarang konsumen pun tertipu dan mendapat kerugian akibat produk pelumas palsu yang dibeli.

Sebagai konsumen yang cerdas, Anda perlu mengetahui perbedaan antara produk pelumas yang asli dan palsu untuk meminimalisir penipuan yang beredar dengan cara mengetahui produk yang akan dibeli terlebih dahulu.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mencegah pembelian produk pelumas palsu yaitu jangan membeli di sembarang toko. Anda dianjurkan untuk mengunjungi toko atau bengkel pelumas dan oli yang lebih terpercaya.

Kemudian, ketika Anda hendak membeli pelumas, perhatikan kemasannya terlebih dahulu. Kemasan pelumas asli biasanya mempunyai tanda seperti nomor batch pada tutup kemasaannya yang dicetak dengan laser. Kemudian periksalah, apakah pada kemasan pelumas tersebut terdapat cacat seperti bekas tusukan jarum atau benda tajam lainnya. Hindari pembelian produk pelumas jika menemukan tanda-tanda tersebut.

Secara fisik, pelumas palsu biasanya berwarna keruh, berbeda dengan oli asli yang berwarna jernih. Dari segi aroma pun berbeda, pasalnya oli palsu berbau tidak sedap sedangkan oli asli memiliki aroma yang lebih harum.

Ketika sudah terlanjur menggunakan sebuah pelumas, Anda dapat mendeteksi palsu atau tidaknya pelumas tersebut dengan memeriksa warna pelumas. Jika pelumas sudah dipakai dengan jarak antara 1.500-2.000 kilometer dan terlihat berwarna hitam pekat dan kotor akibat terjadi oksidasi secara hebat, tanda itu menunjukkan bahwa oli tersebut palsu.

Dampak negatif penggunaan pelumas palsu ialah menyebabkan mesin cepat aus sehingga umur mesin lebih pendek, kotor, banyak lumpur dan dapat menyumbat aliran pelumas. Tentunya, kondisi ini akan membuat biaya perawatan meningkat.

Beberapa tips diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai asli atau palsunya sebuah produk pelumas. Jadilah konsumen yang cerdas dengan memeriksanya sebelum membeli, karena kemampuan Anda untuk memilih produk yang baik tentunya mampu mendorong matinya peredaran sebuah produk palsu.

Image: fuelinjectorcleanerhq.com