Inilah Alasan Usia Minimal Kepemilikan SIM

Kamis, 27 Juli 2017

Seperti yang kita ketahui, syarat usia minimal kepemilikan SIM (Surat Izin Mengemudi) khususnya SIM A dan SIM C yaitu 16-17 tahun. Banyak pula yang bertanya-tanya alasan dibalik pemilihan usia tersebut sebagai usia minimal kepemilikan SIM.

Seperti yang diatur dalam Pasal 217 (1) Peraturan Pemerintah no. 44 tahun 1993 batas usia minimal kepemilikan SIM A dan SIM C yaitu 17 tahun. Kenapa harus 17 tahun?

Menurut neuropsikolog, Elizabeth Sowell, seperti dirilis kembali oleh Satlantas Polres Cimahi, pada remaja yang berusia dibawah 17 tahun, bagian otak yang disebut lobus frontal belum tumbuh secara sempurna.

Lobus frontal ini adalah bagian otak yang mengatur perencanaan, pengorganisasian, dan antisipasi. Hal tersebut berarti, kemampuan melakukan hal-hal yang dimaksud masih lemah. Padahal, untuk dapat berkendara dengan aman di jalan raya, kemampuan yang diatur oleh lobus frontal sudah harus berfungsi secara maksimal. Lobus frontal memiliki andil besar dalam hal pengambilan keputusan saat berkendara.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Children's Hospital of Philadelphia and State Fams Insurance Companies, di Amerika, telah terjadi 800 kasus kecelakaan yang melibatkan pengendara remaja dan 75% di antaranya di sebabkan oleh kelalaian si remaja itu sendiri. Kelalaian yang terjadi ini berhubungan dengan faktor psikologis atau emosional remaja yang masih labil.

Semua pertimbangan dan aturan yang dibentuk tentu semata-mata demi keselamatan Anda saat berkendara. Maka dari itu, peraturan batas usia dalam kepemilikan SIM dibuat dengan perencanaan yang matandg dan beralasan. Berkendara saat belum cukup umur sangatlah dilarang karena dapat membahayakan diri sendiri bahkan orang lain.

Foto: dmvflorida.org