banner

Tips Bersihkan Kaca Mobil dari Jamur

Cuaca yang tidak menentu seperti perubahan dari panas terik menjadi hujan secara tiba-tiba menimbulkan pengaruh negatif bagi kaca mobil Anda yaitu timbulnya jamur. Padahal, kaca mobil harus bersih dari berbagai kotoran terutama jamur yang melekat karena kaca mobil berfungsi sebagai pusat pandangan saat mengemudi.

Jamur pada kaca mobil tidak seperti debu atau kotoran lainnya yang mudah dibersihkan. Diperlukan cara khusus unutk membersihkan kaca dari jamur agar kaca terlihat jernih dan membantu visibilitas saat mengemudi. Anda dapat membersihkan jamur pada kaca mobil menggunakan alat dan bahan yang tersedia di rumah.

Pertama, Anda bisa menggunakan pasta gigi. Pasta gigi merupakan bahan yang terbukti secara efektif dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil. Oleskan pasta gigi pada kaca mobil, kemudian tunggu beberapa saat hingga pasta gigi mengering. Setelah kering, bersihkan dengan air dan kain lembut untuk mengelapnya hingga kering.

Kedua, bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur ialah Face Toner. Face Toner bisa digunakan untuk membersihkan jamur dengan cara menuangkannya pada kain lap lalu bersihkan bagian kaca yang berjamur. Setelah itu, bilas menggunakan air.

Ketiga, cuka apel. Selain berguna sebagai bumbu untuk memasak, cuka apel juga dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cukup gunakan 3 sendok cuka apel yang di campur dengan 1 liter air bersih. Kemudian, celupkan kain lap berbahan lembut pada campuran cuka apel tersebut, dan bersihkan bagian kaca mobil yang berjamur. Keringkan kaca mobil yang telah dibersihkan menggunakan kertas koran.

Keempat, Anda bisa memanfaatkan pemutih pakaian sebagai bahan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Campurkan pemutih pakaian dengan air, lalu celupkan kain lembut untuk membersihkan kaca mobil Anda, kemudian usap atau gosokkan kain tersbut pada bagian kaca yang berjamur.

Terakhir, alkohol 50 – 90 % juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penghilang jamur pada kaca mobil. Caranya dengan mencelupkan kain atau kapas ke dalam alkohol, selanjutnya gunakan kain atau kapas tersebut untuk menggosok kaca mobil hingga jamur pada kaca mobil hilang. Anda tidak perlu membilasnya dengan air seusai membersihkan kaca dengan alkohol.

Beberapa bahan dan alat tersebut dapat Anda coba untuk membersihkan kaca mobil dari jamur. Apalagi, bahan dan alat yang diperlukan mudah ditemukan dan bahkan kebutuhan sehari-hari. Tetap utamakan keselamatan dengan merawat komponen-komponen yang dapat mendukung keselamatan Anda selama berkendara.

Image: angieslist.com