Deretan JPO Paling Indah di Dunia

Senin, 10 Juli 2017

Mungkin bagi kita, JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) hanya jembatan biasa yang digunakan untuk menyeberang jalan. Tidak ada yang spesial dalam JPO yang sering kita lihat. Namun bagaimana di negara lain? Ternyata di luar negeri terdapat berbagai macam jembatan penyeberangan yang sangat indah. Ada yang memiliki arsitektur yang unik, dan ada juga yang dikelilingi pemandangan indah.

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Jembatan Gantung Capilano, Vancouver, Canada

Jembatan capilano yang telah dibangun dari tahun 1889 ini, memiliki panjang yang mencapai 137 meter dan ketinggian 70m di atas sungai sungai capilano. Selain itu juga terdapat taman cliffwalk, yaitu jalan yang tergantung dipinggir tebing.

2. Rolling Bridge, London

Jembatan yang terdapat di London ini, merupakan jembatan multi fungsi. Sesuai dengan namanya, jembatan ini dapat terbuka dan menggulung. saat jembatan terbuka, jembatan berfungsi sebagai penyeberangan namun saat tergulung jembatan dapat memberi jalan bagi perahu untuk lewat.

3. High Trestle Trail Bridge, Iowa

Jembatan dengan desain futuristic ini memiliki panjang 800 meter dengan rangkaian tiang yang menyerupai sebuah frame baja dengan posisi yang berurutan. Jembatan ini terlihat paling indah pada malam hari karena disinari lampu.

4. Musa Bridge, Belanda

Pada 2011, 2 orang arsitek Belanda yang juga ahli dalam bidang irigasi, menciptakan sebuah jembatan apung di samping benteng Kastil Fort de Roovere, abad ke-18, Jembatan ini dibuat untuk menarik perhatian turis karena sepinya Kastil tersebut. Jembatan ini bertumpu pada pipa berisi udara di bawah permukaan dan terendam. Bahannya terbuat dari kayu tahan air yang dilapisi kertas timah. Sesuai namanya, jembatan ini terinspirasi dari kisah nabi Musa yang membelah lautan.