Ini Alasan Mengapa Anda Harus Gunakan JPO Untuk Menyeberang

Selasa, 11 Juli 2017

JPO atau Jembatan Penyebrangan Orang merupakan fasilitas bagi pejalan kaki untuk menyebrangi jalan besar dengan menggunakan jembatan sehingga pejalan kaki dan lalu lintas kendaraan dapat dipisahkan secara fisik agar tidak saling mengganggu.

Hampir semua masyarakat Indonesia sadar akan keberadaan JPO, namun masih banyak yang tidak menggunakannya dan lebih memilih untuk nekat menyebrangi jalan raya yang ramai dengan sembarangan. Padahal, JPO bertujuan menjaga keselamatan diri Anda dan juga pengendara.

Selain membahayakan dan berujung fatal seperti kematian, menyebrang sembarangan tanpa menggunakan zebra cross atau JPO dapat menyebabkan kemacetan yang akan merugikan banyak pihak termasuk diri Anda sendiri.

Polisi dapat menindak penyebrang sembarangan dengan sanksi yang berdasar pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Jika kedapatan menyeberang bukan di jembatan penyeberangan atau zebra cross, polisi akan memberi sanksi tilang berupa denda sebesar Rp 250 ribu. 

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa kondisi JPO tidak nyaman, seperti lelah untuk menaiki tangga, sempit, jauh dari tempat pemberhentian kendaraan umum, dan membuang waktu lebih lama. Tapi ingatlah bahwa lelah atau waktu Anda yang terbuang untuk menggunakan JPO tidak lah sia-sia demi keselamatan Anda.

Selalu utamakan keselamatan diri Anda dan juga hiraukan keselamatan dan waktu yang dimiliki pengendara lainnya. Jangan sampai hanya karena tidak mau kehilangan beberapa menit, Anda justru kehilangan nyawa.

Jadi, timbulkan kebiasaan untuk menyeberang dengan JPO ya!

Foto:m.viva.co.id