banner

Ini Fakta Dibalik Zebra Cross

Zebra Cross atau marka jalan berbentuk garis berwarna putih setebal 300mm adalah tempat untuk pejalan kaki menyebrangi jalan raya.

Zebra cross pertama kali diperkenalkan di Slough, Berkshire, Inggris, pada 31 Oktober 1951. Jalur bergaris-garis putih ini dibuat untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dengan korban pejalan kaki pada waktu itu.

Sebelumnya, sejumlah dokumen resmi menyebutkan zebra cross pertama kali diperkenalkan oleh Perdana Menteri Inggris, James Callaghan pada 1948.  Saat ia mengunjungi Laboratorium Riset Transportasi yang sedang mengusulkan ide untuk membuat tempat penyebrangan jalan yang aman bagi pejalan kaki, ia ditunjukan gambar jalan dengan garis-garis putih. Kemudian James Callaghan menamakan desain tersebut dengan nama “Zebra”.

Warna hitam putih bukan lah satu-satunya ide untuk desain rambu penyebrangan tersebut, melainkan juga terdapat desain garis berwarna biru kuning. Namun, setelah melakukan uji coba, warna biru kuning dinilai tidak efektif karena tidak terlihat dari jarak jauh apalagi ketika malam. Akhirnya dipilih lah rambu penyebrangan bergaris hitam putih yang terlihat lebih kontras, dan kemudian dikenal dengan nama “Zebra Cross”, meskipun sekarang sejumlah negara termasuk Indonesia merubah warna hitam putih zebra cross menjadi warna lain, atau mengganti desain garis-garis menjadi pola yang unik di beberapa daerah.

Foto: mickcarty.co.uk