5 Tips Aman ‘Cornering’ Bagi Pesepeda Motor

Selasa, 12 September 2017

Bepergian dalam jarak jauh menggunakan sepeda motor memang terdengar mengasyikan bagi sebagian orang. Teutama, jika medan yang ditempuh cukup menantang. Namun, seberapa pun handalnya seseorang dalam mengemudikan sepeda motor, tetaplah harus berhati-hati, tidak menyalahi aturan yang ada serta pastinya tidak merugikan orang lain.

Jika dalam perjalanan Anda harus melewati medan pegunungan, tentunya Anda harus mengetahui dulu teknik ‘cornering’ atau belok dengan posisi tubuh menikung menggunakan sepeda motor terlebih dahulu dengan benar, demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

Hal pertama yang menjadi kunci utama bagi keselamatan ketika cornering ialah fokuskan pandangan. Hal terpenting sebelum berbelok adalah memperhatikan keadaan sekitar terlebih dahulu. Dengan mengindentifikasi lingkungan, Anda mendapatkan informasi seputar kondisi lalu lintas dan seberapa tajam tikungan yang akan Anda lalui. Ingat, ketika hendak cornering, arahkan pandangan Anda ke titik tujuan. Dengan begitu, tubuh Anda akan secara spontan dan otomatis mengarahkan laju motor ke titik pandangan Anda.

Kedua, perhatikan waktu pengereman dengan tepat.
Setelah mengidentifikasi jalur, Anda sudah dapat memperkirakan braking line yang akan diambil. Pengereman sebaiknya dilakukan sebelum Anda 'merebahkan' diri bersama motor. Biasanya, pengereman akan disertai dengan penurunan gear yang tepat dengan memuntir selongsong gas (menaikkan putaran mesin) untuk mencegah ban belakang terkunci. Fokuskan pengereman pada rem depan sebelum memasuki tikungan, Anda juga bisa menggunakan rem belakang dengan porsi 30 persen.

Ketiga, pengaturan gas. Setelah Anda melakukan pengereman dan siap menikung, anda harus mampu mengendalikan gas. Anda dapat melaju melewati apex atau pelintir gas hingga 30 persen. Putar gas secara perlahan setelah melewati apex, dan setelah motor berada di posisi lurus, Anda baru bisa memutar gas secara penuh.

Keempat yaitu meluncur dengan mulus. Anda tidak perlu terburu-buru untuk melewati sebuah tikungan, karena untuk melatih kemampuan kecepatan yang tepat haruslah membutuhkan waktu. Anda tidak perlu melakukan knee down, karena tidak semua tikungan membutuhkan knee down.

Terakhir, yang perlu Anda ingat ialah hindari pengereman saat menikung, karena pengereman saat menikung akan mengurangi ground clearance pada motor, serta bobot motor akan pindah ke depan. Hal ini dapat mengganggu kestabilan anda. Selain itu, jika motor menikung terlalu dalam, hindari menurunkan gear karena akan mengurangi traksi pada roda belakang.

Beberapa tips cornering di medan pegunungan bagi pesepeda motor di atas diharapkan dapat meningkatkan kecermatan dan kewaspadaan Anda ketika hendak melakukan perjalanan. Tetap utamakan keselamatan, jangan terburu-buru, patuhi peraturan yang ada dan pastinya gunakan perlengkapan safety riding dengan lengkap agar selamat sampai tujuan.

Image: motorcycle.com