Bersihkan Busi Tak Boleh Sembarangan

Senin, 11 September 2017

Busi motor merupakan perangkat pengapian yang bertugas untuk memantikan api listrik dalam proses pembakaran di dalam mesin kendaraan. Api yang dihasilkan dari busi membuat mesin hidup dan menyala. Sehingga, busi kendaraan yang kotor dapat mengakibatkan mesin kendaraan tak bisa menyala atau mogok. Penyebab kotornya busi antara lain penumpukan debu, kotoran, maupun kerak yang timbul akibat usia busi yang sudah berumur. Lantas, bagaimana cara membersihkan busi agar dapat terhindar dari kerusakan?

Membersihkan busi bukanlah hal yang sulit. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah membuka tutup busi. Memang kesulitan membukanya tergantung dari jenis busi Anda. Namun ingat, buka tutup busi dengan hati-hati dan jangan sampai kabel tertarik, karena dapat mengakibatkan kop busi terputus.

Setelah tutup busi terbuka, Anda dapat membuka busi menggunakan kunci busi yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Kemudian, persiapkan kawat besi yang telah dilumuri bensin untuk membersihkan busi.

Mungkin Anda sebelumnya telah mengetahui tips untuk membersihkan busi menggunakan ampelas dan merendamnya dalam bensin. Sebenarnya, hal tersebut justru dapat merusak kondisi busi Anda. Membersihkan busi menggunakan ampelas dapat membuat lapisan elektroda atau torak menjadi tipis dan akan membuat jarak kepala busi dengan elektroda menjadi renggang.

Sementara itu, merendam busi dalam minyak tanah dapat memicu timbulnya kotoran pada busi motor akibat zat-zat yang terkandung di dalam bensin maupun minyak tanah tersebut. Oleh karena itu, salah satu solusi yang aman adalah menggunakan kawat besi yang telah dilumuri bensin.

Jika Anda telah membersihkan busi menggunakan sikat kawat tetapi masih ada bagian kerak yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan sikat gigi atau kuas untuk menjangkau beberapa bagian tersebut.

Apabila busi dirasa sudah bersih, Anda bisa mengeringkannya menggunakan lap bersih dan kering. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kompresor bertekanan tinggi agar kotoran yang masih tersisa dapat tertiup. Jika masih terdapat kotoran yang agak susah dihilangkan pada busi, Anda bisa melakukan pengorekan dengan benda seperti obeng min berukuran kecil atau benda lainnya yang tidak berpotensi merusak busi.

Terakhir, pasang kembali busi ke rumah busi dengan benar. Ingat, jangan memasangkan busi dengan paksa. Pasang kembali kop busi dengan benar dan sesuai, agar busi tertutup dengan baik dan terlindung dari air.

Peran busi sangatlah penting bagi kendaraan bermotor. Oleh karena itu, rawatlah busi sebaik mungkin dan jagalah kebersihannya untuk mencegah resiko yang tidak diinginkan, demi keselamatan Anda selama berkendara.

Image: tes.com