Kenali Penyebab Knalpot Motor Keluarkan Asap

Kamis, 31 Agustus 2017

Asap kendaraan bermotor berasal dari sisa pembakaran pada ruang bakar mesin dan wajar apabila terlihat asap tipis yang dikeluarkan knalpot ketika sepeda motor sedang dipanaskan. Tetapi, pada beberapa kendaraan bermotor sering ditemui asap putih tebal yang keluar melalui knalpot, padahal kendaraan tersebut usianya belum mencapai 5 tahun. Lantas, apa penyebabnya?

Asap putih yang keluar dari dalam knalpot sepeda motor atau mobil juga berasal dari sisa pembakaran. Bedanya, asap putih yang dihasilkan knalpot disebabkan oleh sejumlah oli yang ikut terbakar saat proses pembakaran terjadi.

Munculnya asap putih dari knalpot memang lumrah bagi sepeda motor 2 tak. Asap putih tersebut muncul akibat oli samping pada motor 2 tak tercampur dengan bahan bakar saat proses pembakaran, sehingga knalpot pun mengeluarkan sisa pembakaran berupa asap putih. Namun, lain halnya dengan motor 4 tak, munculnya asap putih dianggap tidak wajar dan dapat menjadi indikator terhadap kondisi mesin yang kurang baik.

Ring piston yang aus merupakan salah satu penyebab munculnya asap putih dari knalpot motor 4 tak. Kondisi piston yang tidak baik menyebabkan cengkraman ring oli berkurang dan membuat oli masuk ke dalam ruang bakar.

Masih berhubungan dengan ring piston, dinding silinder atau linner yang aus juga menyebabkan kebocoran oli. Saat mesin bekerja, dinding silinder dan ring piston akan selalu bergesekan. Jika keausan juga terjadi pada dinding silinder, oli mesin dapat dengan mudah masuk kedalam ruang bakar.

Setelah itu, seal katup yang mengalami kebcoran juga bisa menjadi salah satu faktor. Katup atau valve berfungsi sebagai pintu yang menutup dan membuka saluran udara (intake dan exhaust). Ketika terjadi kebocoran pada seal katup maka oli mesin akan dengan mudah masuk ke dalam ruang bakar saat katup terbuka.

Terakhir, asap putih yang dihasilkan knalpot juga bisa diakibatkan oleh knalpot itu sendiri. Beberapa jenis knalpot memiliki sistem yang dapat menyemprotkan oli ke dalam knalpot agar dapat bertahan pada suhu tinggi, terutama jenis knalpot racing. Oli yang disemprotkan akan terbakar karena suhu gas sisa pembakaran cukup tinggi dan menghasilkan asap putih.

Beberapa penyebab munculnya asap putih dari knalpot tersebut dapat Anda pelajari jika knalpot pada kendaraan anda memiliki masalah yang serupa. Periksa lah kondisi kendaraan Anda baik mesin atau fisik secara teratur demi keselamatan selama berkendara.

image:motorcyclistonline.com