Tips Merawat Helm

Senin, 5 Januari 2015

Sebagai benda yang dikenakan setiap hari, tentu helm harus mendapatkan perhatian ekstra. Perlu diingat, selain digunakan untuk melindungi diri dari kecelakaan, helm juga digunakan untuk melindungi diri dari debu dan sinar matahari. Helm yang tidak dirawat bisa mengeluarkan bau apek dan memuncukan jamur pada permukaan kacanya, serta menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penggunanya. Untuk itu, sangat penting bagi para pengguna motor untuk merawat helmnya secara rutin. Nah, untuk merawat helm pun ternyata ada seninya tersendiri. Apabila anda ingin memiliki helm dengan kondisi prima, berikut ini adalah tips merawat helm yang bisa anda terapkan sehari-hari.

Buka Kaca Penutup Helm Saat Tidak Digunakan

Apabila helm, khususnya helm fullface, dibiarkan tertutup, maka udara pengap dan bau keringat akan terperangkap di dalam helm. Selain itu apabila helm tidak terpapar oleh cahaya matahari dalam waktu lama, maka akan muncul bau menyengat. Bau tidak sedap akan muncul akibat hawa panas akan mengendap dalam lapisan busa helm.

Jemur Helm Secara Rutin

Biasakan untuk menjemur helm anda seusai anda mengenakannya pada perjalanan jarak jauh. Untuk menjemur helm dengan benar, letakkan helm pada posisi terbalik dengan kaca dan bagian ventilasi terbuka. Helm yang terbuka dapat mempercepat penguapan residu keringat pada helm. Sinar ultra violet yang terdapat pada matahari juga berguna untuk menetralisasi sisa-sisa keringat yang terdapat pada helm.

Rajin-Rajin Membuka Ventilasi Helm

Untuk mencegah bau keringat yang menyengat pada helm, biasakan untuk membuka seluruh ventilasi helm seusai menggunakan helm setiap hari. Dengan begitu, sirkulasi udara akan lancar dan sisa-sisa keringat akan lebih mudah menguap.

Letakkan Wewangian

Wewangian seperti kapur barus dan kamper dapat menghindarkan helm dari resiko bau apek. Selain kapur barus dan kamper, anda juga bisa menggunakan minyak wangi untuk menghasilkan bau harum pada helm. Namun hati-hati saat memilih jenis pengharum. Apabila anda ingin menggunakan minyak wangi, gunakanlah minyak wangi dengan kadar alkohol rendah. Minyak wangi yang mengandung kadar alkohol tinggi dapat menyebabkan busa helm cepat kering dan kisut. Jika anda terpaksa menggunakan minyak wangi dengan kadar alkohol tinggi, usahakan untuk menggunakannya dalam jumlah sedikit.

Jauhkan Helm Dari Alkohol

Apabila anda menggunakan cairan dengan kadar alkohol tinggi untuk membersihkan atau mengharumkan helm, usahakan untuk menyemprotkannya dari jarak yang cukup jauh dan dalam jumlah yang sedikit. Apabila kaca helm terkena alkohol, bersihkan dengan kain halus, kapas atau tisu. Senyawa alkohol dapat mempercepat proses penjamuran pada kaca helm.

Gunakan Pasta Pengkilap Untuk Memoles Helm

Saat memoles bagian luar helm, gunakanlah pasta pengkilap secara merata. Selain dapat memberikan efek mulus, pasta pengkilap juga dapat mempertahankan warna helm, dan mencegah debu untuk menempel pada permukaan helm.

Berikut ini adalah tips merawat helm yang bisa anda terapkan sehari-hari. Semoga tips ini dapat membantu anda dalam menjaga helm anda tetap berada pada kondisi prima!

Sumber foto: kawasanwajibhelm.wordpress.com