Waktu yang Tepat Gunakan Rem Depan dan Belakang

Senin, 11 September 2017

Rem merupakan komponen yang sangat penting bagi semua kendaraan. Rem berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Pada sepeda motor, terdapat dua posisi titik pengereman yaitu pada roda depan dan belakang. Keduanya sama-sama berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan. Lalu, apa perbedaannya?

Rem belakang dapat digunakan dalam kondisi kecepatan rendah, sedangkan rem depan efektif pada 30 – 80 kpj. Saat Anda hendak mengerem dalam jarak sependek mungkin, Anda dapat menggunakan rem belakang. Tapi ingat, jangan menyentak dan menekan rem belakang terlalu dalam.

Selain mengurangi kecepatan, rem belakang juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan motor. Penggunaan rem belakang berfungsi untuk memulai proses memindahkan berat ke roda depan, sehingga mengurangi kemungkinan terangkatnya roda belakang. Tetapi, jangan ada jeda terlalu lama sampai Anda menarik rem depan.

Lain halnya saat situasi darurat. Dalam situasi darurat, sulit mendapatkan momen yang tepat untuk pengereman optimal dengan mendahului rem belakang. Hindari menggunakan rem belakang  tanpa kendali yang cukup. Saat situasi mendadak atau dalam kondisi panik, Anda dapat menggunakan rem depan, dan bagi pengguna motor dengan kopling bisa menambahnya dengan engine brake.

Itulah tips menggunakan rem depan dan belakang dengan benar pada waktu yang tepat. Tetap utamakan keselamatan dengan menjaga jarak aman demi menghindari terjadinya kecelakaan akibat pengereman mendadak yang tidak terkendali, dan jangan lupa untuk memeriksa kondisi rem pada kendaraan sebelum memulai beraktivitas.

Image: liputan6.com